Tiktok saat ini menjadi salah satu sosial media dengan pengguna terbanyak setelah facebook dan instagram. Ada banyak manfaat tiktok untuk bisnis yang sedang kamu rintis. Jika kamu pandai memanfaatkan dan melihat peluang di tiktok, pasti akan berdampak positif untuk bisnis kamu.

Dalam sebuah strategi marketing, tentu kita harus memilih media apa yang banyak digunakan oleh target market bisnis kamu. Ada banyak sekali media sosial yang bisa kamu pilih, seperti facebook, instagram, twitter.

Keunggulan Tiktok Untuk Bisnis

Meskipun tiktok dianggap negatif karena banyak konten konten yang tidak jelas dan tidak masuk akal. Namun, media sosial satu ini mempunyai keunggulan.

Keunggulan tiktok dibandingkan dengan media sosial lain ialah soal kecepatan informasi. Penyebaran informasi di media sosial tiktok bisa dibilang cukup cepat dan hampir sama dengan penyebaran informasi di twitter.

Tiktok sebuah sosial media yang berbasis video potrait. Yang mana ini menjadi suatu keunggulan, karena video merupakan konten yang ampuh untuk media promosi atau marketing.

Maanfaat Tiktok Untuk Bisnis

Setelah kamu mengetahui beberapa keunggulan tiktok untuk bisnis, kamu bisa mempertimbangkan menggunakan media sosial tiktok atau tidak. Terlepas dari keunggulan tersebut, ada beberapa manfaat tiktok untuk bisnis kamu.

Memperkuat Karakter Brand

Ketika kamu sudah memiliki produk yang kuat, maka hal yang perlu di lakukan selanjutnya ialah memperkuat brand tersebut. Misal, kamu memiliki produk fashion. Maka kamu bisa memanfaatkan konten video tiktok untuk pasar yang lebih luas. Seperti review produk, kelebihan produk kamu dan lain sebagainya. Kamu kemas secara kreatif dan soft selling menyesuaikan dengan trend yang ada di tiktok.

Jika kamu sebelumnya menggunakan facebook atau instagram sebagai media marketing. Bayangkan jika beberapa target audiensmu beralih ke tiktok? tentu akan mengurangi eksposure bisnis kamu.

Sudah Terbentuknya Culture

Mungkin, kamu berifikir bahwa tiktok ialah terkenal sebagai tempat orang untuk joget dan di iringi musik. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Tiktok memang ada konten joget, hal tersebut sudah menjadi culture yang terbangun di dalamnya.

Nah, hal tersebut bisa kamu manfaatkan secara kreatif. Banyak creator tiktok lain yang membuat konten berbeda dari yang lain dan bukan joget. Hal tersebut bahkan bisa menjadi trend terkini di tiktok.

Bagaimana audiens berinteraksi juga menjadi culture tersendiri di tiktok. Seperti komentar, bahkan cara berjualan, giveaway dan lain sebagainya. Jika kamu ingin menggunakan tiktok sebagai media marketing, kamu juga perlu paham mengenai culture tersebut. Jika kamu sudah memahaminya, akan mudah nantinya untuk mendapatkan hati pengguna tiktok.

Kreatifitas Konten Tidak Terbatas

Media sosial tiktok memiliki banyak sekali efek suara atau efek video yang memudahkan kamu berkreasi. Mungkin kamu juga sudah tahu akan hal itu, kamu bisa memanfaatkannya agar video makin estetik. Semua fasilitas tersebut memudahkan creator dalam mengedit tanpa harus menggunakan aplikasi lain.

Jadi, untuk menjadi creator tiktok tidak perlu membutuhkan banyak alat alat khusus atau mahal. Itu tergantung kreatifitas kamu dalam membuat konten.

Market Yang Luas

Karakter brand tiktok sangat kuat, sehingga memudahkan juga bisnis kamu untuk terkenal. Market di tiktok sangat terbuka dan luas. Jika kamu dapat masuk ke market tersebut, maka audiens tidak lagi melihat kamu siapa tetapi melihat konten apa yang kamu berikan.

Manfaat Tiktok Untuk Bisnis Karna Up To Date

Ada banyak cara untuk membuat konten soft selling di tiktok. Banyak sekali brand di luar sana yang membuat giveaway atau challenge di tiktok dengan cara yang kreatif dan tentunya soft selling. Hal tersebut tentu dapat menguatkan identitas brand mereka.

Seperti pembahasan diatas, bahwa tiktok merupakan media sosial yang penyebaran informasinya sangat cepat. Sehingga, kamu harus up to date terhadap trend atau isu terkini. Sehingga kamu juga bisa menyesuikan konten yang akan buat nantinya. Jika kamu telat dalam memahami trend terkini, tentu kamu akan ketinggalan dari brand brand kompetitor kamu.

Jadi, up to date disini sebetulnya bisa menjadi kekurangan atau manfaat tiktok untuk bisnis kamu. Hal tersebut tergantung bagaimana menyikapi hal tersebut. Kalau bagi saya sendiri, itu menjadi sebuah manfaat yang sangat berarti.