Marketing Funnel Untuk Jualan
Image by Sprout Social

Pada dunia pemasaran, kita mengenal adanya istilah yg disebut marketing funnel. Bagi kamu yg pernah menempuh pendidikan kuliah di jurusan marketing, sangat familiar menggunakan istilah satu ini. Bagaimana tidak? karena Marketing Funnel dapat digunakan untuk jualan kamu.

Apa Itu Marketing Funnel?

Marketing funnel merupakan bagian penting pada kesuksesan suatu bisnis dalam menggarap sebuah strategi marketing di era digital marketing ini. Untuk mengetahui keberhasilan dari strategi pemasaran yang dijalankan perusahaan, besar kecilnya biaya pemasaran tidak bisa dijadikan tolak ukur selama keberhasilan suatu campaign meningkat. Namun, kita juga tidak bisa begitu saja mengesampingkan biaya karea marketing memang tidak bisa lepas dari uang.

Perlu diketahui, penentuan biaya marketing adalah keputusan yg sulit dan beresiko untuk diputuskan oleh perusahaan. Belum lagi, biaya marketing yang dikeluarkan oleh perusahaan sulit untuk diketahui apakah berjalan efektif atau tidak. Semua orang pasti mengetahui tujuan utama dari aktivitas marketing ialah untuk meningkatkan brand awareness. Oleh karena itu, hal ini mampu menaikkan penjualan produk untuk sebuah perusahaan.

Biaya pemasaran tidak mampu menjadi tolak ukur dari keberhasilan suatu campaign promosi. Kemudian, bagaimana cara mengetahui apakah strategi pemasaran yang dilakukan sudah efektif atau belum? jawabannya ialah dengan memahami marketing funnel. Agar kamu bisa mengetahui isu terkait perjalanan seorang pelanggan dari tahap awal marketing funnel hingga memutuskan untuk membeli suatu produk.

Jadi, kita bisa mengartikan bahwa marketing funnel ialah sebuah proses sales dari tahap awal sampai pelanggan memutuskan untuk membeli suatu produk. Dalam menjalankan strategi marketing yang efektif, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu tahapan atau urutan marketing funnel itu sendiri. Secara garis besar, proses sales terdiri dari lima tahapan, yaitu:

Awareness

Jika seorang belum merasa teredukasi dan benar-benar sadar bahwa mereka sedang membutuhkan produk tertentu. Mereka pasti akan selalu menghiraukan berbagai info terkait hal tadi. Misalnya saja masih banyak milenial di luar sana yg belum melek investasi. Penyebab belum sadarnya milenial akan pentingnya investasi karena mereka belum teredukasi dengan baik bahwa investasi sebenarnya mampu mengubah kehidupan seorang menjadi lebih baik di masa depan. Dengan banyaknya publikasi artikel keuangan yang ada pada internet, hal ini diharapkan mampu mengganti mindset para milenial di luar sana untuk berinvestasi sejak dini.

Proses awareness pada marketing funnel ini bisa digunakan untuk jualan kamu sebagai pintu gerbang bagi para pelanggan potensial untuk mencari tahu lebih banyak lagi tentang usaha yg sedang kamu promosikan. Kamu mampu mempertinggi brand awareness dari bisnismu dengan melakukan promosi lewat banyak sekali cara seperti melalui sosial media, SEO, konten pemasaran, video, sampai materi konten pemasaran lainnya. Supaya tahapan ini berhasil, kamu perlu menyajikan berbagai informasi menarik perihal bisnismu yang didukung dengan berbagai sumber terpercaya untuk bisa tambah menyakinkan calon pelanggan terhadap produk yg kamu tawarkan.

Consideration

Saat pelanggan telah teredukasi dengan konten-konten yang kamu buat, pelanggan akan masuk ke tahap consideration. Pada tahap ini, pelanggan mulai mencari tahu dan membandingkan produk dari bisnismu dengan produk-produk sejenis lainnya yg ada di pasar. Hal ini dilakukan oleh pelanggan untuk mencari produk yg dianggap paling baik.

Conversion

Tahapan ke-tiga dari marketing funnel ialah Conversion, pada tahapan ini pelanggan sudah memutuskan ingin membeli produk terbaik dari hasil riset yg mereka lakukan sebelumnya.

Loyalty

Jika pelanggan puas dengan produk yang dibeli dari bisnismu. Maka, mereka akan semakin percaya menggunakan produk yg kamu tawarkan. Salah satu indikator dari kepuasaan pelanggan ialah pelanggan tadi kembali membeli produk dari usahamu.

Advocacy

Word of mouth yg dilakukan ialah bukti bahwa merk dari bisnismu mempunyai citra yg baik di mata pelanggan.

Di tahapan ini, pelanggan setiamu seperti orang yg terlibat dalam pemasaran perusahaan. Namun kamu tak perlu membayarnya karena mereka menyampaikan testimoni atau review sesuai kepuasan saat membeli produk dari bisnismu.

Contoh tahapan marketing funnel satu ini seperti kamu memberikan ulasan atau rating yg baik untuk sebuah perangkat lunak pada Google Play Store atau App Store.

Kesimpulan – Marketing Funnel Untuk Jualan

Untuk memilih strategi pemasaran yg sempurna dan juga efektif, kamu perlu mengambil keputusan promosi berbasiskan data, inilah mengapa segmentasi pasar mempunyai peranan penting supaya eksekusi dari suatu pemasaran mampu tepat sasaran sesuai sasaran audiens yg ingin dibidik.

Persaingan antara satu usaha dengan bisnis lainnya memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelanggan. Mengapa? Karena, pelanggan mempunyai cukup banyak opsi untuk mempertimbangkan satu produk dengan produk lainnya. dengan begitu, pelanggan mampu memutuskan untuk membeli produk terbaik dari produk-produk yg ada di pasar.

Namun, sebelum membeli produk dari suatu brand. Baiknya pelanggan perlu melakukan riset terlebih dahulu agar memperoleh harga produk yg paling kompetitif yg cocok dengan kebutuhan.