Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi yg pesat, manusia dapat saling terhubung melalui koneksi digital. Saat ini, sangat membutuhkan tools untuk digital marketing demi kesuksesan usaha kamu. Perusahaan wajib bisa menyesuaikan diri menggunakan dunia virtual untuk mampu berinteraksi dengan pelanggan dan menunjukkan produk dengan cara yg kreatif, otentik, serta menarik secara visual. Pemasaran digital pula menawarkan peluang untuk bisa menilai strategi marketing apa yg berhasil bagi kamu.

Di kesempatan ini, saya akan mengulas tentang tools untuk digital marketing yg diperlukan saat kamu memulai usaha online. banyak situs web yg menawarkan ribuan alat untuk pemasaran digital. dengan banyaknya pilihan, menentukan alat terbaik menjadi proses yg panjang serta melelahkan. untuk itu, saya sudah menyusun daftar alat pemasaran digital terbaik.

Google Analytics

Mengapa kamu sangat membutuhkan Google Analytics? Jika kamu memiliki situs web untuk keperluan usaha, Google Analytics ialah salah satu tools untuk digital marketing yg mampu membantu dalam menjalani pemasaran digital. dengan memakai Google Analytics, kamu bisa:

  • memahami jenis pesan apa yg lebih beresonasi dengan pelanggan kamu;
  • Mencari tahu dari mana datangnya pengguna;
  • menentukan seperti apa taktik digital yg terbaik bagi perusahaan kamu.

Selain itu, Google Analytics juga berfungsi untuk mengetahui:

Bagian yg menjadi preferensi pengguna situs;kata kunci yg sering dipergunakan;detail teknis tentang perangkat pengunjung situs, seperti browser yg dipergunakan atau sistem operasi seluler mereka.

Sebenarnya, ada banyak keuntungan yg mampu dihasilkan dengan menggunakan Google Analytics, tetapi beberapa poin pada atas merupakan sesuatu yg penting bagi pemilik situs web untuk bisa menaikkan performa pemasaran digital. Selanjutnya, yuk kita lihat bagaimana cara kerja Google Analytics.

Pengumpulan data

Google Analytics memakai kode JavaScript buat mengumpulkan seluruh info dari situs web. dengan cara ini, Analytics mencatat setiap kali pengguna mengunjungi laman situs. pada aplikasi perangkat seluler, kamu perlu menambahkan kode tambahan untuk setiap “aktivitas” yg ingin dilacak.

Pengolahan data

Setelah interaksi pengguna dikumpulkan, Google Analytics memulai proses untuk mengganti data mentah menjadi data yang berguna bagi kamu. untuk memprosesnya, setiap bagian data dianalisis secara terpisah. artinya, atribut mereka terbagi menjadi berbagai macam. Google Analytics mengganti setiap atribut menjadi elemen yg dianggap sebagai fields. Setiap bagian atau baris menyediakan beberapa atribut dan masing-masing disimpan di area yg berbeda.

Pembuatan laporan

Laporan yg didapatkan dapat dilihat dari layanan Google Analytics itu sendiri, /analytics atau dari tempat lain yg memerlukan penggunaan pelaporan API. Setiap laporan didesain sesuai perbandingan pada lapangan. artinya, aspek seperti kota pengunjung atau rasio konversinya pula akan diperhitungkan. Akhirnya, setelah data tersebut disimpan pada database, prosesnya bisa dihentikan.

Google Search Console

Google Search Console (atau disingkat ‘GSC’) merupakan sebuah alat yg membantu seorang webmaster untuk memantau serta mengelola situs web mereka melalui portal resmi. mempunyai akses ke alat dan data yg disediakan langsung oleh mesin pencari dapat membuat pengoptimalan situs web kamu jauh lebih praktis! Berikut penjelasannya.

Akun GSC ialah tools untuk digital marketing yang penuh dengan info yg bermanfaat untuk mengetahui dan menampilkan kinerja sebuah situs web pada hasil pencarian, mulai dari laporan kunjungan melalui perangkat seluler hingga visibilitas dan pelacakan klik-tayang. Bila kamu berfokus untuk mengelola serta mengoptimalkan situs web, GSC adalah bagian vital untuk memahami kapan, di mana, serta bagaimana situs kamu ada di Google. Sebagian besar data di Google Search Console dapat diekstraksi serta diintegrasikan ke pada sistem lain, mirip Google Analytics.

Google My Business

Sesuai dengan namanya, Google My Business ialah alat yg membantu untuk membentuk profil usaha kamu muncul di laman pencarian Google.

menggunakan Google My Business (GMB), kamu tidak hanya dapat menghasilkan profil bisnis di halaman Google, namun kamu jua bisa menggunakan banyak sekali fitur yang dapat menaikkan visibilitas situs. Ragam fitur dan kebebasan tersebut memperlihatkan banyak keuntungan bagi bisnis kamu. Itulah mengapa GMB memudahkan untuk:

  • bisa berinteraksi menggunakan pengunjung situs
  • menyampaikan info krusial perihal usaha kamu, seperti jam buka, nomor telepon, dan lainnya
  • Mempermudah klien kamu buat mendapatkan petunjuk arah ke lokasi bisnis
  • Mempromosikan acara serta info seputar perusahaan
  • Menambahkan foto bisnis kamu.

Mengapa kamu perlu menggunakan GMB? Google My Business dapat membantu kamu buat berinteraksi dengan pelanggan, dan memberikan info yg berguna kepada pelanggan serta calon pelanggan.

SEMrush

Di dunia saat ini, terdapat banyak peluang yg tersedia bagi setiap organisasi bisnis buat mampu mengetahui di mana posisi mereka dalam pasar yg kompetitif ini. Perkembangan teknologi saat ini begitu cepat sebagai akibatnya perusahaan perlu memperbarui diri dengan teknologi yg inovatif dan sukses di bidangnya. Bila bentuk usaha kecil dan menengah sudah menyambut pemasaran digital, namun tidak menggunakannya secara efektif, keberlangsungan usaha mereka akan sulit di tengah jalan.

Penerapan strategi pemasaran digital yg berhasil tidak hanya membantu perusahaan untuk mencapai hasil yg luar biasa, namun pula untuk memperkuat nama mereknya. pada situs web ada aneka macam alat pemasaran online yg tersedia.

di antara semuanya, “SEMRUSH” ialah salah satu alat bantu yg ampuh bagi pemasar digital untuk bisa melakukan SEO di situs web. banyak analis SEO memakai alat ini untuk:

  • Melakukan riset kata kunci;
  • Mengaudit situs web;
  • Melihat peringkat istilah kunci;
  • Melihat sumber backlink;
  • Menempatkan situs web:
  • menghasilkan konten dengan istilah kunci tertentu;
  • Analisis website pesaing

Hootsuite

HootSuite ialah alat bantu yg memungkinkan pengguna agar mampu memposting pembaruan profil sosial media seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, WordPress, serta platform lainnya.

saat ini, mengelola bisnis di sosial media dapat menjadi pekerjaan yg menyibukkan. Banyak perusahaan yg menggunakan akun sosial media mereka untuk menawarkan penawaran spesifik. Alhasil bisa mendapatkan respons yg positif dari pelanggan. Saat kamu harus mengelola beberapa akun sekaligus, HootSuite mampu menjadi alat yg sangat membantu.

Pengguna dapat menganalisis kampanye pemasaran pada seluruh profil sosial media tanpa perlu masuk ke setiap jaringan sosial satu per satu. Hootsuite berbentuk Freemium, jadi mampu diakses secara gratis, namun memiliki banyak tambahan fitur bagi yg membayar akun premium. untuk akun premium, pengguna menerima sejumlah fitur canggih agar mampu menganalisis keterlibatan audiens dan keamanan situs.

Meskipun HootSuite dikenal menjadi alat bantu pemasaran, banyak orang jua menggunakannya untuk keperluan pribadi. Jika kamu menghabiskan banyak waktu pada sosial media serta mempunyai banyak akun buat dikelola, kamu bisa merampingkan seluruh akun tadi ke dalam satu sistem sederhana yg terintegrasi dengan cepat.

Bila kamu ingin memposting hal yg sama pada 5 akun berbeda, kamu bisa memposting melalui HootSuite. Lalu memilih akun mana yang ingin dipublikasikan. Alhasil postingan tadi bisa dikirimkan pada 5 akun yang berbeda. kamu perlu membutuhkan waktu untuk terbiasa memakai HootSuite.