Hingga saat ini instagram selalu saja berusaha untuk membuat kamu dan pengguna lainnya untuk tetap stay dengan aplikasi media sosial berbasis foto dan video ini. Mulai dari Instagram Story hingga fitur-fitur lainnya yang tentunya menambah keunikan Instagram, seperti stiker dan juga filter. Tidak hanya pengguna biasa yang bisa menggunakan fitur-fitur tersebut, tetapi juga bagi kamu yang memiliki bisnis, baik itu bisnis yang sudah besar atau yang masih merintis. Kamu bisa menggunakan tips memaksimalkan fitur instagram sebagai bagian dari marketing agar lebih banyak dikenal oleh orang lain.

Saat ini, muncul lagi satu fitur baru yang banyak digunakan, yaitu instagram reels. Kehadiran reels memungkinkan kamu sebagai pebisnis untuk memasarkan usahamu dengan lebih kreatif. Hal ini bisa menarik lebih banyak calon pelanggan untuk aware terhadap bisnismu. Lalu, apa yang bisa kamu lakukan dengan fitur yang ada di instagram agar usahamu semakin dikenal lebih banyak orang?

Buatlah sebuah tutorial

Instagram Reels mampu kamu manfaatkan untuk menghasilkan video tutorial. bebas apa saja, entah itu tutorial perihal cara pemakaian produkmu atau tutorial yg berkaitan dengan industri yg kamu masuki. sebagai contoh hal sederhana, kedai kopi. kamu dapat share tentang resep menyeduh kopi menggunakan metode atau biji kopi kopi tertentu, atau kamu juga dapat share informasi tentang melatih kemampuan menyeduh kopi. Bila dikemas dengan kreatif, hasilnya pun akan mempunyai value yg edukatif serta atraktif untuk customer.

Ikuti Tren Saat Ini

Organisasi, atau bahkan bisnis pun ramai-ramai mengikuti. Alhasil, arus tren semakin tidak terbendung sampai pada akhirnya, setelah beberapa saat, tren tersebut dianggap lama dan membosankan. Nah, kamu bisa memanfaatkan tren menjadi momentum untuk mendongkrak bisnismu.

Cerita tentang bisnismu

Orang-orang senang mendengarkan cerita ataupun narasi. Orang-orang sering tertarik pada cerita di balik bertumbuhnya suatu bisnis sampai visi dan misi pemiliknya. kamu juga dapat menyajikan apa yang terjadi di balik layar bisnismu – perihal proses pembuatan suatu produk, tentang para pegawaimu, sampai tentang hal-hal menarik yg terjadi pada sekitar bisnismu.

tetapi, semuanya balik lagi pada cara kita mengemasnya. oleh karena itu, kita wajib memutar otak untuk menghasilkan konten video yg kreatif yg dapat bercerita hanya dengan durasi 15-30 detik pada Reels. Jangan sampai kamu membuat 30 detik itu mirip dongeng. Kemas secara sederhana serta elegan agar dapat membuat calon pelanggan merasa dekat dengan bisnis kamu.

Promosi Produk

Saat produk terbaru akan kamu rilis, Instagram Reels dapat kamu manfaatkan untuk, jika istilah anak muda masa kini , promosi tipis-tipis. Berikan keunikan pada produkmu, tonjolkan keunggulan dan fitur-fitur yang terbaik. Jika sebagai contoh kamu jual produk fashion, tunjukan ciri khas dan style yang ditawarkan. Kalau kamu memiliki usaha furnitur, tunjukkan saja kualitas dan keunggulan di setiap furnitur. Tunjukan bagaimana cara menggunakan produk yang kamu jual. Dengan begitu, calon pelanggan lebih tertarik untuk mencari tahu tentang produk bahkan hingga bisnis yang kamu jalani.

Itulah tips memaksimalkan fitur instagram untuk bisnis kamu. Dalam berbisnis, kita harus melihat peluang yang ada di sekitar dan selalu belajar hal baru agar tidak tertinggal.