Dunia maya saat ini dapat dibilang sebagai salah satu pusat informasi paling lengkap tentang hal apapun. Mulai dari info sampai info pendidikan, semua dapat ditemukan dengan sangat praktis. Perkembangan tersebut juga tak lepas dari peranan mesin pencari layaknya Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya. Para blogger dan webmaster di seluruh dunia juga turut berperan pada menyajikan berbagai info ke masyarakat luas. Perbedaan On page SEO dan Off page SEO ini terkadang membingungkan bagi yang baru memiliki website.

Informasi yang ada di internet biasanya disajikan oleh para blogger serta webmaster dengan tujuan memudahkan banyak orang untuk mencari informasi. Internet boleh dikatakan sebagai ‘koran digital’ serta penyedia informasi paling cepat dan instan saat ini.
Menariknya, ternyata para blogger serta webmaster bersaing satu sama lain dalam menyajikan informasi tersebut. Mereka memiliki formula masing-masing agar informasi yang mereka terbitkan mampu ditemukan serta dibaca banyak orang. Salah satunya adalah dengan memakai teknik SEO, yang mungkin sudah tidak asing lagi pada kalangan para blogger dan webmaster.

Adapun Search Engine Optimization atau biasa disingkat dengan SEO merupakan bagian dari digital marketing. Yaitu tentang suatu cara atau teknik agar membuat website dan blog berada di laman pertama pada mesin pencarian (search engine). Mesin pencarian yang dimaksud disini adalah seperti Google, Bing, Yahoo, dan sebagainya.

Pengertian SEO sebenarnya sangat luas, namun semuanya meliputi hal yang sama yakni untuk mengoptimasi website supaya berada di laman pertama google. Sampai saat ini, setidaknya SEO memiliki 2 jenis yakni On page SEO dan Off page SEO, kedua jenis ini memiliki perbedaan teknik tersendiri hingga kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Perbedaan On Page SEO dan Off Page SEO

On Page SEO

On page SEO merupakan suatu teknik meningkatkan secara optimal page website secara internal dengan memuat beberapa dasar kata kunci di dalam konten atau artikel. Menerapkan kata kunci dengan sempurna akan dapat membuat website kamu dinilai relevan oleh mesin pencari. dan bila website kamu ternyata lebih relevan ketimbang website lain maka mudah saja untuk masuk ke page pertama mesin pencari.  Maka demikian, berikut ini merupakan faktor-faktor krusial dalam melakukan On page SEO dengan baik.

Title Tag (Judul)

Dalam dunia blog, judul yang baik ialah judul yang mengandung kata kunci yang kamu targetkan. Misalkan kamu menghasilkan sebuah konten/artikel tentang membuat roti, maka kata kunci yang baik untuk judul tersebut ialah “cara membuat roti”. dengan begitu, search engine bisa menyesuaikan perkiraan isi yang ada di dalam konten dan jika dianggap berkualitas maka hal itu tidak susah masuk ke page pertama.
pada dasarnya, buatlah judul semenarik mungkin supaya bisa menarik minat pembaca namun ingat sematkan kata kunci yang tepat untuk tujuan SEO.

Headings (H1, H2, H3)

Dalam membuat format tulisan, juga dianggap bisa membuat kualitas SEO dari suatu website meningkat, karena search engine akan membaca satu page website secara keseluruhan. oleh karena itu penting untuk menempatkan H1 (Heading 1) ditempatkan di Title Tag atau judul artikel, tetapi pengguna WordPress tidak perlu memakai format H1 menjadi judul. Pasalnya, WordPress sendiri telah mengaturkan secara otomatis untuk judul. Kita hanya perlu memakai H2 untuk sub-judul di suatu artikel.

Struktur URL (Permalink)

Struktur URL adalah salah satu bagian krusial yang juga berperan untuk membantu menaikkan SEO. ada baiknya buat struktur URL yang termuat kata kunci. Misalkan artikel yang kamu buat ialah tentang membuat roti, maka struktur URL yang baik ialah /cara-membuat-roti/. Sangat tidak disarankan untuk membuat struktur URL secara asal misalkan / ?p/. Struktur URL baik ialah yang juga memuat kata kunci.

Alt Text Pada Gambar

Gambar-gambar yang tujuannya untuk mendukung konten website kamu usahakan juga dioptimasi supaya lebih simpel terindeks mesin pencari. Alt text gambar yang tersemat kata kunci dianggap bisa meningkatkan kualitas SEO.

Load Speed Sebuah Website

Pastinya setiap mesin pencari baik itu Google, Bing, Yahoo dan yang lain ingin membantu penggunanya menemukan apa yang mereka cari secepat mungkin agar memberikan pengalaman pengguna yang baik. pada dasarnya, seluruh mesin pencari menyajikan pelayanan berkualitas supaya tidak dinilai jelek pada mata para pengguna. oleh karena itu, kecepatan loading juga akan menentukan performa SEO. Kecepatan loading website pengguna yang lamban akan memperlambat pengguna dalam memperoleh informasi yang diinginkan. dengan demikian, mesin pencari akan menganggap website yang lamban diakses tidak relevan sedangkan website yang cepat akan dianggap relevan. oleh karena itu, tidak mungkin rasanya bila website yang lambat bisa memenangkan persaingan SEO dari website yang berkecepatan tinggi.

Optimasi Internal Link

Sesuai dengan namanya, internal link ialah sebuah link yang bisa menghubungkan pengguna atau pengunjung ke laman lain di website kita. Internal link dipercayai menjadi salah satu bentuk meningkatkan secara optimal On page SEO.

Off page SEO

Berbeda dengan On page SEO yang mengoptimasi secara internal, Off page SEO ialah cara mengoptimasi halaman website melalui cara eksternal contohnya seperti Backlink.

Backlink merupakan link kembali yang ada di website orang lain dan merujuk pada website kita. Meskipun terbilang susah, namun terdapat cara yang paling mudah mendapatkan backlink yakni dengan menjadi guest post di blog orang lain. Pemilik website tersebut umumnya dengan senang hati bersedia menyampaikan ucapan terimakasih berupa backlink menuju salah satu laman website kita.

Selain sebagai guest post, ada beberapa cara lain yang membuat sebuah website menerima backlink, diantaranya ialah;

  • menghasilkan konten menarik yang membuat orang lain mengkutip sebagian konten kamu. sehingga orang tersebut menuliskan bahwa sumber berasal dari website kamu. sampai akhirnya hal itu akan menghasilkan backlink.
  • Share konten kamu ke sosial bookmark maka otomatis akan menerima backlink.
  • Dan lain sebagainya.

Teknik SEO Mana Yang Lebih krusial?

Perbedaan On page SEO dan Off page SEO, Keduanya memiliki peran penting dalam perkembangan sebuah website. Maka ada baiknya kedua hal tersebut memang wajib dijalankan dengan seimbang. tetapi sebelum menuju hal itu, buatlah website kamu user friendly terlebih dulu dengan berkecepatan tinggi, mobile friendly, navigasi simpel dan lain sebagainya. tetapi kualitas konten juga patut diperhatikan. sebab biar pun kamu mengoptimasi website secara maksimal, tapi Jika konten website tidak berkualitas maka sama saja akan menjadi sia-sia.