Di masa sekarang, pentingnya memiliki website ialah pemilik bisnis dapat dengan mudah menjangkau calon pelanggan melalui media online. Ada banyak sekali platform digital yang bisa kamu gunakan, mulai dari Facebook, Instagram, dan Marketplace. Dengan membuat sebuah akun di platform tersebut, kamu bisa dengan mudah untuk menjangkau calon pelanggan.

Tetapi, dari kemudahan platform tersebut tentu mempunyai kekurangan tersendiri. Jika kamu menggunakan platform media sosial, seperti halnya instagram. Mungkin, usaha kamu tidak akan leluasa dalam melakukan transaksi dengan calon pembeli. sebab, dasar dari platform Instagram ialah sosial media. merupakan platform untuk berinteraksi, bukan transaksi. Meskipun sekarang ini instagram sudah ada fitur Instagram Shopping.

Bertransaksi online dengan jumlah yang banyak pada Sosial Media, tentu bukan pilihan yg tepat. kamu akan kerepotan saat melakukan manajemen pesanan dan juga stok. dalam memudahkan proses transaksi, diperlukan lah media khusus. Media yang dikhususkan untuk bertransaksi digital yaitu dengan menggunakan website toko online. 

Pentingnya Memiliki Website

Pentingnya Memiliki Website Untuk Transaksi

Dengan menggunakan website toko online sendiri akan memudahkan proses transaksi. Kemudahan ini akan dirasakan baik dari sisi penjual dan juga pembeli. Memang betul, kamu bisa bertransaksi melalui sosial media. Tetapi, Bila volume transaksinya tinggi. Maka bertransaksi pada sosial media akan lebih sulit. Hal ini menjadi salah satu pentingnya memiliki websiite toko online.

Terlihat Lebih Profesional

Selain platform sosial media, transaksi online pun bisa dilakukan melalui marketplace. Marketplace memang dirancang untuk memudahkan transaksi antara penjual dan juga pembeli. tetapi, Bila usaha kamu mempunyai website toko online sendiri. Maka, hal ini bisa memberikan kesan lebih profesional. Selain itu, kamu mempunyai keleluasaan untuk mengelola database pelanggan kamu sendiri.

Tidak Ada Perang Harga

Bila usaha kamu masih bertransaksi melalui marketplace. Maka peluang untuk terjadinya perang harga itu relatif tinggi. Hal ini dikarenakan ada banyak penjual yg terdapat di marketplace. Oleh karena itu, dengan mempunyai website toko online sendiri, kamu bisa meminimalisir terjadinya perang harga.

Mengumpulkan Database Pelanggan

Kelebihan lain mempunyai website toko online sendiri yaitu kustomisasi website yang bisa di sesuaikan dengan keinginan sendiri. Tentunya, kamu mempunyai keleluasaan dibandingkan kamu berjualan di marketplace. kamu bisa mengumpulkan database pelanggan, mulai dari nama, nomor telepon, e-mail, dan juga yang lainnya. Hal ini akan sangat bermanfaat saat kamu ingin melakukan retargeting pembeli.

Biaya Yang Relatif Terjangkau

dengan mempunyai website toko online sendiri bisa menghemat biaya  operasional. salah satu biaya yg bisa dihemat yaitu biaya admin. Bila kamu berjualan melalui marketplace, biasanya akan ada biaya admin. Tentu ini hal yang masuk akal, mengingat kamu ikut berjualan pada website pihak ketiga. Pihak ketiga memerlukan biaya dalam melakukan perawatan websitenya. tetapi, Bila kamu mempunyai website toko online sendiri. Kamu dapat meminimalisir biaya admin tersebut.

Pastinya ada banyak platform yang bisa kamu manfaatkan untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi online. kamu dapat  memanfaatkan sosial media dan juga marketplace. Namun, jika kamu memerlukan kebebasan dalam hal apapun. Memiliki website toko online bisa menjadi solusi.