Database pelanggan ialah kumpulan informasi yg dikumpulkan dari tiap pelanggan. Database mencakup informasi kontak, seperti halnya nama, alamat, nomor telepon, dan alamat e-mail. Selain itu, database juga dapat berupa riwayat pembelian, riwayat pesan, jadwal janji temu, serta apa saja kebutuhan mereka selanjutnya. Pentingnya database pelanggan memudahkan akses perusahaan terhadap data pelanggan, membentuk loyalitas, serta mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian lagi.

Pentingnya Database Pelanggan

Memiliki database sangat membantu sebuah bisnis untuk dapat tetap terhubung dengan pelanggan. Hal ini dapat membantu membangun loyalitas mereka dan memungkinkan terjadinya repeat order. Jika ada pelanggan yang sering kali melakukan pembelian, maka dapat di identifikasi dan di hubungi kembali agar bisa diberikan promo spesial misalnya. Database pelanggan juga dapat membantu mengidentifikasi pelanggan yang memang sudah lama tidak lagi melakukan pembelian. Sehingga bisa membantu segmentasi pelanggan dan melakukan strategi untuk pelanggan yang seperti itu.

Pentingnya Database Pelanggan Untuk Identifikasi Pembeli

Pada dasarnya setiap pembeli, adalah orang yang berbeda. Sehingga, kamu bisa menentukan tindakan yang berbeda terhadap masing masing pelanggan. Sebuah bisnis tentu ingin fokus terhadap pelanggan yang penting dan tentunya memberikan keuntungan.

Database pelanggan bisa digunakan mengidentifikasi pembeli reguler atau pelanggan yang bisa didorong untuk melakukan cross-sell terhadap jenis produk lain yang kamu jual. Sehingga hal ini dapat meningkatkan customer retention.

Meningkatkan Penjualan

Selain informasi nomor telepon dan email, jika kamu dapat mengelola database pelanggan dengan baik, kamu bisa memberikan detail seperti percakapan, deals, produk yang dibeli masing masing pelanggan, hingga aktifitas yang pernah pelanggan lakukan dengan bisnis kamu. Dengan mempunyai data tersebut, tim sales bisa menargetkan calon klien yang tepat secara spesifik. Data tersebut dapat membantu sales untuk memberikan waktu dan usaha terhadap peluang deals yang paling potensial.

Membangun Loyalitas Pelanggan

Dengan mengelola database pelanggan, bisnis dapat dengan mudah memperoleh loyalitas pelanggan. Informasi pada database dapat kamu manfaatkan untuk berinteraksi dengan pelanggan secara lebih personal. Kamu bisa menggunakan email marketing atau brodcast whatsapp. Dengan begitu, bisnis kamu akan lebih mudah dalam mendapatkan hati pelanggan dan menjadikannya loyal customer.

Mencegah Kehilangan Pelanggan

Database pelanggan tidak hanya untuk menyimpan data pelanggan eksisting, bahkan pelanggan memang tidak pernah melakukan pembelian lagi. Informasi tersebut bisa kamu manfaatkan untuk merancang strategi bagaimana agar pelanggan yang tidak pernah membeli lagi, bisa datang dan melakukan pembelian kembali. Dengan begitu, Pelanggan akan mungkina merasakan pengalaman yang baik dan merasa dipahami, sehingga tidak akan beralih ke kompetitor.

Gunakan Tools Untuk Database Pelanggan

Simpan database pelanggan kamu dengan menggunakan software CRM yang baik, jangan hanya menggunakan Microsoft Excel. Kamu bisa berlangganan dengan penyedia jasa CRM yang berbayar diluaran sana atau dengan tools CRM gratis.

Untuk yang gratis, kamu bisa menggunakan spreadsheet lalu di intregasikan dengan Google Data Studio agar lebih mudah dalam menganalisis setiap informasi pelanggan, sehingga kamu dapat merancang strategi marketing dengan baik.