Membeli Followers Media Sosial? Lihat Dampaknya!
Gambar oleh ijmaki dari Pixabay

Ada banyak sekali yang beranggapan bahwa dengan membeli followers media sosial adalah suatu cara yang mudah dan menguntungkan. Seakan akan dengan memiliki banyaknya followers ialah sebagai tolak ukur kesuksesan suatu akun media sosial bisnis. 

Walaupun dengan membeli followers media sosial tidak sepenuhnya salah, tetapi membeli followers akan berdampak negatif pada suatu akun bisnis media sosial tersebut. Ada dampak positif juga dalam membeli followers, yaitu dapat meningkatkan trust audiens terhadap suatu akun bisnis tersebut. Pertanyaannya, apakah audiens bisa tertipu begitu saja? tentu tidak!

Dampak Membeli Followers Media Sosial

Engagement akan menurun

Mungkin kamu akan merasa puas ketika followers media sosialmu seperti Instagram, Twitter, Tiktok dan media sosial lainnya mengalami kenaikan followers secara instan. Mungkin juga ada beberapa audiens yang tertipu melihat followers akun bisnis kamu dan dan beberapa mereka melakukan transaksi.

Tetapi, euphoria tersebut pastinya tidak akan bertahan lama. Percayalah, perlahan demi perlahan algoritma Instagram akan cepat menyadari bahwa ada sesuatu yang mencurigakan dan akhirnya akun media sosialmu akan mengalami penurunan.

Jadi, jangan terkejut ketika jumlah like dan komentar yang dulunya mungkin mencapai ratusan bahkan hingga ribuan akan mengalami drop yang signifikan akibat membeli followers.

Berpotensi Terkena Shadow Banned

Pasti kamu pernah mendengar istilah shadow banned kan? shadow banned ialah ketika akun media sosial kamu susah sekali menjangkau audiens dengan jumlah yang tinggi. Biasanya, istilah shadow banned lebih sering diungkapkan pada sosial media instagram

Itu karena akun bisnis media sosial kamu tenggelam di antara akun-akun lainnya. Hanya beberapa pengikut saja yang bisa melihat setiap postingan baru yang telah kamu buat. Misalnya seperti postingan instagram susah sekali masuk halaman explore. 

Jika akun bisnis media sosial kamu sudah seperti itu, saya ucapkan Selamat!

Tiba Tiba Followers Turun

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, bahwa algoritma Instagram mengetahui adanya suatu aktivitas yang mencurigakan atau tidak wajar. Ketika followers tiba tiba naik drastis, maka algoritma akan menyadari itu dan melakukan pengecekan. Setelah pengecekan ternyata oh ternyata followers tersebut tidak aktif, maka media sosial dengan cepat menghapus followers palsu tersebut secara otomatis.

Apakah kamu berfikir orang yang membuat aplikasi media sosial adalah orang orang bodoh yang bisa kamu tipu dengan mudah? Tentu tidak kan?

Kredibilitas Akun dipertanyakan

Dengan membeli followers palsu, tidak bisa disamakan dengan para followers asli. Pastinya beberapa dari followers dari hasil membeli tersebut hanya memenuhi database followers saja. Mereka hanya manis diawal sebagai hiasan angka saja tanpa melakukan interaksi seperti like, komentar di postingan akun bisnis media sosial kamu. 

Tentu hal itu akan sangat mencurigakan bagi para calon pembeli yang akan melakukan transaksi di akun bisnis kamu. Karena audiens melihat jumlah followers media sosial kamu ratusan ribu tetapi jumlah like dan komentar jauh sekali dari angka followers akun bisnis kamu.

tentunya itu akan mencoreng kredibilitas akun bisnis kamu dan calon pembeli yang awalnya ingin melakukan transaksi tentu akan mengubah pemikiriannya.

Akan Sulit Memulihkan Akun

Mungkin sekarang kamu mulai menyadari, bahwa banyak dampak negatif membeli followers media sosial dan saat ini kamu ingin memulihkan akun bisnis secepat mungkin. Tetapi untuk dapat memulihkan akun bisnis yang telah mengalami shadow banned bukanlah suatu pekerjaan yang mudah, tapi tidak mustahil juga untuk diperbaiki.

Solusi yang bisa saya berikan adalah dengan menghapus followers yang telah kamu beli tersebut. Selain itu, kamu bisa membuat konten yang evergreen, informatif yang relate dengan bisnis kamu dan mengikuti trend media sosial saat ini.