Contoh Email Untuk Kepentingan Bisnis Yang Terbaik – Teknologi digital saat ini tentu membuat perubahan dalam kehidupan kita, begitu juga dalam hal bisnis. Jika dahulu selalu harus tatap muka dan menggunakan dokumen fisik, sekarang semua sudah bisa dilakukan secara online, khususnya via email.

Tetapi, banyak sekali yang belum memahami betapa pentingnya email untuk bisnis. Pemilihan nama email hingga cara mengirimkan email bisnis secara profesional yang baik. Sedangkan, pada dasarnya email bisnis ini kurang lebih sama seperti surat formal pada umumnya untuk mewakili lembaga tertentu atau individu. Ada etika tersendiri ketika kita ingin mengirim sebuah email bisnis.

Dengan email yang tepat, kamu bisa memberikan kesan profesional yang bagus dan bisa memulai hubungan kerja yang baru.

Subjek Yang Jelas

Sebelum memasuki ke bagian contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik, kamu harus tau bagaimana menulis email yang baik.

Hal pertama yaitu subjek email harus jelas. Jangan gunakan kalimat yang panjang pada subjek email. Karena hal tersebut dapat membuat email terkesan tidak ramah untuk dibaca dan bahkan mungkin akan diabaikan. Langsung saja tulis inti dan maksud tujuan kamu dalam mengirim email.

Perkenalkan Diri

Jika sebelumnya kamu belum pernah mengirimkan email dan ini kali pertama, kamu harus memperkenalkan diri kamu terlebih dahulu. Sebutkan siapa nama kamu dan posisi kamu di perusahaan sebelum kamu menyampaikan maksud dan tujuan email yang kamu kirim. Jika kamu dapat memberikan kesan yang baik, tentunya akan berdampak baik juga untuk bisnis kamu kedepannya.

Tujuan Mengirim Email

Yang perlu kamu pahami adalah, mungkin penerima email tidak memiliki waktu banyak untuk membaca email kamu. Maka, kamu tidak perlu bertele-tele dan langsung saja sampaikan tujuan kamu mengirimkan email setelah memperkalkan diri.

Ingat, sampaikan pesan dan maksud kau dengan sopan dan mudah dimengerti pembaca agar bisa langsung mengerti maksud dan tujuan kamu dalam mengirim email.

Periksa Sebelum Mengirim Email

Sebelum kamu mengirim email, pastikan kamu melakukan pengecekan ulang terhadap isi email yang sudah kamu buat. Jangan sampai ada kesalahan dalam penulisan atau penyebutan nama atau jabatan. Pastikan alamat email sudah benar dan lampiran juga sudah sesuai. Ketika semua sudah aman, maka kamu bisa langsung kirimkan email tersebut.

Contoh Email Untuk Kepentingan Bisnis Yang Terbaik

Perhatikan beberapa etika ketika menulis email untuk kepentingan bisnis. Agar kamu ada sedikit gambaran terkait penulisannya, maka berikut contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik yang bisa kamu gunakan.

Contoh Email Pembatalan Kontrak

Subjek: Pembatalan Kontrak Akibat (isi sendiri)

Isi email:

Kepada PT Sejahtera,

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa telah terjadi (isi sendiri) yang mengakibatkan terhambatnya pemenuhan prestasi oleh pihak PT Sejahtera, maka dengan berat kami harus menyampaikan perihal pembatalan kontrak kerja sama antara PT Sejahtera dan PT Makmur.

Bersama email ini kami lampirkan surat resmi dari PT Makmur beserta penjelasan mengenai kondisi pekerjaan pasca pembatalan kontrak. Besar harapan kami untuk kembali menjalin kerja sama dengan pihak PT Sejahtera pada kesempatan lain. 

Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih. Semoga hubungan baik ini dapat terus dapat terjalin.

Best Regard,

James Bond

Direktur PT Makmur

Contoh Email Penawaran Kerja Sama

Subjek: Penawaran Perjanjian kerja sama

Isi Email:

Kepada PT Sejahtera,

Kami PT Makmur merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan penyewaan alat berat untuk kepentingan berbagai proyek. Melalui email ini, kami ingin menawarkan proposal kerja sama kepada Anda untuk menjadi supplier alat berat yang dapat digunakan di setiap proyek PT Makmur. 

Kami memiliki beragam pilihan alat berat berkualitas yang andal untuk segala pekerjaan. Untuk lebih detailnya, kami lampirkan dokumen spesifikasi alat-alat berat yang kami miliki. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi website kami di www.makmur.com untuk informasi seputar pengalaman kerja kami.

Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih. Semoga kerja sama ini dapat terjalin dengan baik untuk meraih kesuksesan bersama.

Hormat saya,

James Bond

Direktur PT Makmur

Contoh Email Menerima Kerja Sama

Subjek: Update Persetujuan Kerja Sama

Isi Email:

Kepada PT Makmur

Setelah membaca keseluruhan proposal dan portofolio yang Anda sampaikan, bersama email ini kami sampaikan bahwa kami tertarik untuk menjalin kerja sama lebih lanjut dengan PT Makmur. Pembahasan mengenai skema kerja sama dan penyusunan kontrak kerja sama akan dilakukan secara tatap muka, yang mana undangannya akan segera kami kirimkan.

Besar harapan agar terjalinnya kerja sama ini dapat membawa dampak positif bagi PT Makmur dan PT Sejahtera. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih, semoga kerja sama ini dapat berjalan dengan baik. 

Best Regard,

John Cena

Direktur PT Sejahtera

Contoh Menolak Kerja Sama

Subjek: Update Kelanjutan Penawaran Kerja Sama

Isi Email :

Kepada PT Makmur

Setelah mereview penawaran dan portofolio dari PT Makmur, kami dari PT Sejahtera dengan berat menginformasikan bahwa kami belum bisa menerima penawaran kerja sama yang diajukan oleh PT Makmur.

Tentu saja kami tetap membuka pintu untuk kerja sama di kesempatan yang akan datang. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Best Regard,

John Cena

Direktur PT Sejahtera

Contoh Email Untuk Undangan Meeting

Subjek: Undangan Meeting 

Isi Email :

Kepada PT Makmur

Seperti yang telah kami sampaikan pada email sebelumnya perihal penerimaan tawaran kerja sama, bersama email ini kami PT Sejahtera mengundang Anda untuk hadir selaku perwakilan dari PT Makmur pada:

Tempat : Restoran Kita Bisa

Waktu : 13.00 – 15.00 WIB

Demikian undangan yang kami berikan. Apabila ada pertanyaan silahkan meneruskan email ini.

Best Regard,

John Cena

CEO PT Sejahtera

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan dari contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik bahwa dalam mengirim email pada dasarnya seperti surat formal pada umumnya. Ada etika dan sopan santun yang perlu di jaga, sehingga terbitlah contoh format format email yang baik diluar sana. Point penting yang perlu dilakukan adalah dengan mengubah mindset bahwa perlu etika dalam mengirim email. Terlepas dari format apapun itu, jika mindset kamu benar maka akan mudah dalam membuat emailnya.