Dalam meningkatkan retention pelanggan, tentu kita harus memberikan service terbaik agar para pelanggan nyaman dan merasa diperhatikan. Sehingga dengan begitu, akan sangat mungkin nantinya banyak yang menjadi pelanggan setia brand kamu. Salah satu strategi marketing yang perlu kamu gunakan ialah email marketing. Ada banyak sekali contoh email marketing yang berisi promosi produk yang bisa meningkatkan engagement bahkan hingga sales.

Apa Itu Email Marketing?

Mungkin bagi kamu yang menggeluti dunia marketing sudah familiar dengan apa itu email marketing. Email marketing ialah sebuah strategi yang digunakan untuk memberikan pesan khusus yang bersifat personal. Biasanya isi dari pesan ini berisi penawaran khusus terkait produk, promo spesial dan hal lainnya.

Tujuan dari email marketing ini ialah untuk menciptakan proses marketing yang lebih optimal dan juga efektif. Sehingga harapannya adalah pelanggan yang sudah lama tidak transaksi bisa saja kembali transaksi setelah mendapatkan email secara personal tersebut.

Contoh Email Marketing Yang Berisi Promosi Produk

Lalu bagaimana membuat email marketing yang berisi promosi produk bisa meningkatkan engagement bahkan hingga penjualan. Kuncinya adalah konten. Konten email yang dikirimkan ke pelanggan akan sangat menentukan keberhasilan email marketing tersebut. Oleh karena itu, kamu perlu mencari banyak referensi contoh email marketing yang berisi promosi produk. Berikut adalah beberapa contoh konsep yang bisa kamu gunakan:

Retargeting

Sederhananya, retargeting adalah sebuah cara mengajak pelanggan agar mereka menggunakan kembali produk atau layanan yang kita tawarkan. Nah, kamu bisa menggunakan strategi ini di dalam email marketing. Kamu kumpulkan database pelanggan yang sudah lama tidak melakukan transaksi, dan kamu kirimkan konten yang sesuai dengan goals kamu.

Penawaran Produk

Yang kedua, ialah penawaran produk. Biasanya banyak sekali dari brand brand besar menggunakan konten email marketingnya dengan penawaran produk dan cara seperti ini sering kali di anggap sebagai hard selling. Kamu bisa saja memberikan pesan khusus melalui email dengan menawarkan produk baru, produk diskon atau produk bundling kepada pelanggan setia kamu. Dengan seperti itu, harapannya pelanggan kamu jadi mengetahui updated terbaru dari produk bisnis kamu.

Reminder atau Pengingat

Pasti kamu sering mendapatkan email yang berisi pesan reminder atau pengingat agar kamu segera melakukan sesuatu. Misalnya seperti mengingatkan kamu agar segera melakukan pembayaran sebelum tanggal sekian. Bisa juga mengingatkan bahwa kamu saat ini ulang tahun dan ada promo khusus ulang tahun. Nah konsep seperti ini bisa kamu gunakan ke dalam email marketing.

Survey Online

Survery online juga menjadi salah satu strategi dalam email marketing. Biasanya survey online ini digunakan untuk mencari tahu bagaimana kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan yang brand kamu berikan. Konten email marketing yang bisa kamu kirimkan pada pelanggan cukup sederhana saja. Seperti meminta mereka untuk memilih antara ‘Suka’ atau ‘Tidak Suka’ dan dengan memberikan alasannya.

Itulah contoh email marketing yang berisi promosi produk yang bisa kamu terapkan untuk bisnis kamu. Semua cara di atas perlu di kombinasikan juga dengan konten yang dikirim. Karena konten juga sangat berpengaruh agar strategi email marketing kamu bisa dikatakan berhasil.