Siapa yang tidak tahu media sosial instagram saat ini? Hampir semua orang pasti mengetahui instagram. Media sosial instagram sudah menjadi kewajiban sepertinya untuk pengguna media sosial. Tetapi, banyak dari kita semua bingung bagaimana cara meningkatkan followers instagram. 

Media sosial Instagram fokus pada konten visual layaknya gambar dan video, Instagram menjadi social media yang paling banyak di minati oleh masyarakat luas. Banyak bisnis juga mulai membuat akun instagram sebagai online presence bisnis mereka. 

Keberadaan instagram sebagai media sosial menjadikannya kebutuhan semua orang dan bahkan mungkin kita berlomba lomba untuk meningkatkan followers agar konten yang kita buat bisa di lihat banyak orang. Mungkin juga sebagai akun bisnis menjadikan followers suatu bentuk agar di percaya keberadaannya sehingga meningkatkan banyak pembeli. Khususnya bagi mereka yang memang aktif di instagram sebagai public figure, tentu mereka menggunakan media sosial instagram untuk menjual atau menunjukan hasil karyanya.

Oleh karena itu, banyak sekali akun bisnis menggunakan Instagram sebagai wadah promosi atau marketing. Mereka semua berlomba-lomba dalam meningkatkan kualitas kontennya dan berusaha meningkatkan followers agar tidak kalah oleh kompetitor dan akhirnya banyak pelanggan baru berdatangan.

Cara Meningkatkan Followers Instagram Secara Organic

Lakukan Optimasi dan Lengkapi Biodata Akun

Akun media sosial instagram yang baik adalah akun yang memiliki informasi lengkap. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu agar mengisi semua informasi yang dibutuhkan saat membuat akun instagram. 

Jika kamu sudah terlanjur membuat akun instagram, kamu bisa melakukan audit kembali apa yang sudah dilakukan untuk akun instagram kamu. Kamu bisa lengkapi data data seperti nama lengkap, email, foto profil, nomor telepon dan buat deskripsi bio yang cukup tapi bisa menjelaskan akun instagram kamu tentang apa. Jika kamu memiliki sebuah website, lebih baik di cantumkan di halaman link website.

Membuat Editorial Plan atau Kalender Konten

Akun media sosial instagram yang baik adalah akun yang aktif. Semakin kamu aktif di instagram, maka algoritma instagram menganggap akun kamu layak. Tetapi, yang dimaksud aktif itu bukan berarti kamu 24 jam secara terus menerus beraktifitas di instagram dengan like, komentar, follow dan membuat banyak konten atau mention ratusan perharinya. Hal tersebut bisa dianggap tidak wajar atau spam, jadi jangan lakukan hal itu apalagi membeli followers

Jadi, bagaimana cara agar sebuah akun bisnis instagram dinilai aktif dan positif oleh instagram? yaitu dengan membuat konten secara konsisten dan berkala setiap harinya.

Agar kamu bisa konsisten membuat konten feed, Story atau reels adalah dengan membuat editorial plan atau kalender postingan. Buatlah perencanaan konten, design hingga caption minimal 1 bulan kedepan. Sehingga kamu bisa konsisten upload postingan karna sudah terjdawal dan terencana.

Jadwalkan Konten dan Post Pada Waktu Yang Tepat

Konsisten yang dimaksud ialah konsisten dengan mempublikasikan konten kamu di waktu yang tepat dimana mayoritas audiens atau market kamu selalu online. Walaupun saat ini algoritma instagram sudah berubah dengan menampilkan konten pada apa yang mereka sukai, tetapi upload pada waktu yang tepat masih bisa membuat konten kamu berpeluang meningkatkan engagement secara keseluruhan.

Membuat Caption Yang Baik

Dalam membuat caption instagram yang baik dan tepat mungkin terlihat agak membingungkan hal tersebut bentuknya bagaimana. Lalu, bagaimana cara membuat caption yang baik? yaitu dengan membuat kalimat yang dapat menarik perhatian audiens kamu.

Sederhananya, pada baris pertama gunakan huruf kapital dan emoji sebagai judul agar cukup menarik perhatian. Lalu pada baris kedua dan seterusnya gunakanlah teknik storytelling yang baik yang sifatnya persuasif agar mampu masuk kedalam cerita dan membuat audiens berimajinasi. Bisa dengan pengalaman, cerita audiens lain hingga studi kasus tentang masalah tertentu yang berhubungan dengan konten kamu. 

Jangan lupa untuk membuat jarak paragraf antar baris agar mudah dibaca dengan baik oleh audiens.

Menggunakan Hashtag Khusus

Mungkin ini sudah menjadi hal yang umum, karena untuk membuat hashtag semua orang mungkin sudah tahu. Tetapi, hashtag merupakan salah satu cara agar kamu bisa menargetkan audiens yang mencari denga keyword tertentu. 

Kamu bisa menggunakan banyak keyword berbeda dalam postingan kamu. Tetapi, jangan menggunakan keyword dengan sembarangan. Tetap harus riset terlebih dahulu dan gunakanlah keyword yang spesifik untuk industri atau bisnis kamu. Karena dengan menggunakan keyword yang spesifik untuk hashtag, tidak hanya akan mendatangkan audiens lewat pencarian tetapi juga bisa mendatangkan audiens yang tepat dan kemungkinan audiens tersebut ialah buyer persona bisnis kamu.

Berinteraksi Dengan Akun Lain

Pahamilah bahwa salah satu kunci agar berhasil di media sosial ialah dengan ikut terlibat. Yaitu, ketika kamu ingin meningkatkan followers secara organik, kamu perlu interaksi dengan akun lain seperti balas DM (direct message), komentar atau kamu juga bisa berinteraksi dengan akun lain di instagram milik public figure atau akun akun populer lainnya.

Buat Konten Berdasarkan Permintaan Audiens

Selain konten yang telah kamu buat sebelumnya di editorial plan, kamu juga perlu membuat konten berdasarkan minat audiens kamu. Untuk menarik perhatian audiens, kamu tentu harus tau terlebih dahulu inginnya mereka seperti apa.

Cara agar kamu bisa tahu apa yang mereka inginkan, kamu bisa membuat survey kecil di instagram tentang topik yang akan kamu bahas dan buatlah audiens memilih topik mana yang mereka inginkan untuk dibahas. Dengan begitu, jangkauan akun kamu akan tinggi dan juga audiens lainnya berpeluang untuk mengunjungi profile instagram kamu dan berpotensi meningkatkan followers.

Gunakan Geotag

Cara meningkatkan followers instagram lainnya ialah dengan menggunakan geotag. Wilayah ialah salah satu hal yang cukup penting untuk meningkatkan followers di Instagram. Saat kamu akan memposting konten di feed instagram, kamu juga dianjurkan untuk memberikan geotag seperti kota atau area tertentu yang bisa kamu targetkan sesuai dengan konten kamu. Karena selain mencari sesuatu lewat hashtag, audiens dapat mencari sesuatu lewat lokasi geotag.

Menyetakan CTA atau Ajakan Bertindak!

Dengan memiliki CTA atau biasa kita sebut Call to Action pada setiap caption postingan yang kamu buat adalah hal yang wajib. Media sosial instagram adalah media yang mendorong audiens untuk dapat melakukan komunikasi dua arah.

CTA tergantung apa tujuan dari konten yang sudah kamu buat. Sederhananya CTA ialah tanda atau kalimat untuk mendorong audiens melakukan sesuatu terhadap konten yang sudah kamu buat.

Kalimat CTA bisa kamu letakan di akhir paragraf caption atau jika pada sebuah gambar, bisa kamu beri tanda yang mencolok.