Google memiliki banyak layanan yang paling seringkali dipergunakan oleh banyak orang. Ternyata layanan perusahaan super besar ini mengumpulkan data kamu. Google mengumpulkan informasi lewat riwayat (history) penggunaan aplikasi yg kamu pakai. Nah, Bagaimana cara cegah Google kumpulkan data tentang kamu? Baca terus sampai akhir

Gmail

Sepertinya hampir semua orang telah menggunakan aplikasi satu ini. Gmail mengumpulkan data tentang kamu seperti tentang siapa yang berhubungan dengan kamu, barang yang dibeli oleh kamu, daftar kontak kamu dan masih banyak hal lainnya.

Google Foto

Apakah aplikasi ini ada di smartphone kamu? Aplikasi satu ini mengumpulkan data tentang foto yang diambil dan disimpan oleh penggunanya.

Google Drive

Aplikasi ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelingan kamu. Aplikasi google drive mengumpulkan semua data-data yang disimpan oleh kamu di Google Drive.

Google Calender

Seluruh jadwal atau janji bertemu bahkan hingga agenda yang akan dihadiri oleh kamu, hal tersebut diketahui Google jika kamu memasukkan data tersebut ke Google Calendar.

Google Maps

Siapa yang tidak kenal google maps? hampir semua orang pasti menggunakan aplikasi satu ini ketika kamu butuh arah atau ingin pergi ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi. Karena kamu menggunakannya, jadi google mengetahui aktivitas apapun yang kamu lakukan, pergi kemana saja selama ini. Semua terekam jelas datanya ketika kamu mengaktifkan lokasi secara automatis.

Android

Mayoritas di Indonesia pasti menggunakan operating system (OS) satu ini yang digunakan di smartphone. Semua aktivitas kamu dapat diketahui Google hingga aplikasi yang digunakan atau sudah dihapus kamu bisa diketahui Google.

Cara Cegah Hal Tersebut

Bila kamu ingin cegah google kumpulkan data tentang kamu, kamu bisa klik atau mengunjungi alamat ini https://myaccount.google.com/privacycheckup/. Ini adalah halaman untuk mengelola terkait data privacy yang dikumpulkan Google tentang kamu.

  • Masuk ke akun Google milikmu
  • Kunjungi Web & App Activity, YouTube Search History and Location History.
  • Klik “Manage” di bagian bawah untuk melihat bagaimana Google menggunakan informasi tentang kamu dan mematikannya.
  • Lalu pilih bagian “Make ads more relevant to you”.
  • Matikan “Ad personalization”. Dengan ini Google tidak akan mengirimkanmu dengan iklan berdasarkan informasi yang Google ketahui dari kamu.
  • klik ‘Control what others see about you’.
  • Klik ‘Edit your shared endorsement setting’ dan matikan. Ini akan mencegah ulasan kamu mengenai pada restoran atau aplikasi muncul di Google Play Store atau Google Maps.
  • Klik ‘Manage your Google Photo settings’ dan matikan agar Google tak mengenali wajah kamu.
  • Klik Manage what you share on YouTube dan matikan agar orang lain tidak dapat melihat playlist video kamu.
  • Terakhir, buka https://myaccount.google.com/data-and-personalization. ini akan memungkinkan kamu menghentikan Google mengumpulkan informasi dari aplikasi yang kamu gunakan seperti history YouTube, informasi suara dan bahkan lokasi kamu.

Nah itulah cara cegah google kumpulkan data tentang kamu. Sebagai kesimpulan dari saya, pada dasarnya “tidak ada yang gratis di dunia ini”. Walaupun kamu tidak membayar sepeserpun uang untuk menggunakan aplikasi yang diatas, tetapi tanpa kamu sadari kamu sudah membayar itu dengan data data kehidupan tentang kamu.